twitter
googleplus
facebook

Blogroll

Selasa, 10 September 2013

PERSATUAN DAN KESATUAN


“Persatuan dan kesatuan”
K
ata persatuan itu bisa kita capai melalui berbagai cara , persatuan itu terjadi bila antar anggota yang ada di dalam organisasi bisa bersatu tidak ada konflik atau masalah yang membuat mereka pecah.  Ada kesinambungan antara ketua dan staf-stafnya dan staf-staf dengan anggotanya. Seperti yang bisa kita lihat di lembaga- lembaga hukum , di masyakat sampai di tingkat pemerintahan . lembaga hukum seperti di sekolahan istilah persatuan bisa trjadi apabila para guru dengan para muridnya itu saling menghormati dan menyayangi, dengan ke dua hal tersebut tidak akan mungkin terjadi yang namanya salah paham, kalaupun terjadi salah paham pasti ada salah satu diantara mereka yang salah paham atau ada mis komunikasi. Di masyarakat misalnya,ketika dalam keadaan setiap warga atau kepala keluarga dengan para staf desa seperti RT,RW itu saling menghormati dan tidak ada kesalah pahaman maka persatuapun akan terkjadi, bisa terlihat ketika ada sebuah kegaiatan yang melibatkan warga banyak akan terlaksana dengan lancar dan tidak ada halangan yang mengham bat jalanya acar tersebut.

Naik lagi ketingkat yang lebih tinggi yaitu pemerintah kota sampai ke pemerintahan ibu kota. Jika setia anggota pemerintah itu profesional melakukan tugasnya dengan tepat dan tidak mngurangi hak dan kewajibanya sebagai anggota lembaga pemerintah  dan juga para masyarakat terpenuhi semua kebutuhanya maka persatuan akan terlihat, karena dari profesionalisme itu semua urusan akan selesai dengan hasl yang diinginkan.
Sekarang kita akan berkosentrasi pada sebuah asrama yang berkonsep pondok pesantren yang menjadi asrama bagi para mahasiswa universitas wahid hasyim semarang, yang dibagi menjadi dua yaitu putra dan putri, di dalamnya terdapat jam mengaji seperti yang ada di pesantren pada umunya . namum, yang membedakan di sini adalah penghuninya adalah mahasiswa universitas wahid hasyim semarang yang notabenya remaja yang berkarakter atingi dengan keilmuanya yang didapat dari perkuliahnya setiap[ hati. Di dalamnya juga terdapat ustad- ustad yang mengajar di madin setiap hari senin sampai kamis dari habis magrib sampai jam delapan malam.  Namun dari jadwal yang talah dibuat nampaknya ada beberapa masalah yang muncul dan masaah itu berpengaruh pada persatuan pondok ini, diantaranya adalah para santri (mahasiswa) itu sering tidak memerhatikan pelajarn ketika di ulang.banyak para ustad yang mengeluh karena mereka merasa sia- sia mengajar kalau ketika proses pembelajaran belangsung banyak para santri yang tidak memerhatikan pelajaran dan lebih memikirkan jam pulang , padaha;l kalau di fikir wakut jam menhgaji itu tidak ada satu jam, tapi para santri di pondok ini baru setengah jam saja mengikuti pengajian sudah merasa tidak betah dan sering gojeklan sendiri.
Kemudian berlanjut dari para ustadnya, banyak para ustad yang sering telat memasuki ruangan kelas sehingga membuat proses pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Tidak on timenya para ustad ini bisa menjadi masalah yang berkelanjutan. Karena dari para ustadnya sendiri sudah mengajarkan telat pada santri-santrinya, secar tidak langsung para santri akan meniru kebiasaan para ustad tersebut. Dan hal itu akan menimbulakan masalah yang besar yaitu , budaya males akan terbangu dengan sendirinya, sikap disiplin tidak akan terbentuk,  rasa kurang bertanggung jawab dan persatuan pun tidak akan muncul. Karena yang ada hanyalah rasa menyalahkan satu sama lain.
Untuk menanggulangi masalah ini salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran masing- masing . kesadaran sebagai santri dan mahasiswa yang notabenya orang yang berpendidikan dan berkarakter tinggi serta kesadaran sebagai ustad yang dijadikan contoh oleh para santrinya. Kemudian rasa tanggung jawab sebagi santri dan ustad. Seharusnya santri yang baik itu santri yang bisa menghormati ustadnya dimanapun ,didalam kelas dan di kehidupan sehari- hari. Kemudian ustad yang baik itu ustad yang bisa menjadi contoh bagi para santrinya dalm hal disiplin waktu dan perilaku, karena semua yang di lakukan oleh para ustad itu akan di tiru oleh santrinya. Dengan begitu persatuan dan kesatuan di pondok ini akan terbangun. Persatua adalah ciri agama islam jadi mari kita wujudkan ciri itu lewat kita sebagai santri yang menghormati para ustad dan para ustad yang leibh profesional dan disiplin.

Oleh :
Mohammad Anas, Santri PPLWH dan 
Mahasiswa FISIP HI semester 2 Unversitas Wahid Hasyim Semarang
  • Title : PERSATUAN DAN KESATUAN
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 1 komentar:

    Sample Text

    Blogger news

    Copyright © 2012 PPLWH-Semarang | Powered by Aieq. Diberdayakan oleh Blogger.

    Social Icons

    Social Icons

    Cari Blog Ini

    Featured Posts

     

    Pengikut

    About This Template

    ASMAUL HUSNA


    About Me

    Foto Saya
    Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Jl. Menoreh Tengah II/ 14 Sampangan